
Daftar Isi
Kata Pengantar…………………………………………………………2
BAB I
PENDAHULUAN……………………………………………………….
3
A.LATAR BELAKANG…………………………………………………
3
B. RUMUSAN MASALAH……………………………………………..
3
C. TUJUAN……………………………………………………………..
3
BAB II
PEMBAHASAN………………………………………………………….4
A. PENGERTIAN INTERNET…………………………………………
4
B. FASILITAS INTERNET……………………………………………..
5
C. CARA MENJALANKAN
INTERNET……………………………… 10
D. PERANGKAT KERAS DAN
FUNGSINYA UNTUK AKSES INTERNET……………………………………………………………….10
E. MANFAAT INTERNET………………………………………………11
F. DAMPAK POSITIF
INTERNET……………………………………..12
G. DAMPAK NEGATIF
INTERNET……………………………………12
BAB III
PENUTUP…………………………………………………………………15
A. KESIMPULAN………………………………………………………….15
Daftar
Pustaka……………………………………………………………..16
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa, atas penyertaannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini
dengan baik.
Makalah ini dibuat
untuk memenuhi tugas yang di berikan Guru “TIK” dengan judul “INTERNET” dan juga
sebagai pembelajaran / referensi saya dalam mempelajari TIK, khususnya bagi
siswa SMA Negeri 1 Tomohon.
Saya mengucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah
ini. Dan juga kepada pembaca yang telah menggunakan makalah ini
sebagai panduan belajar.
Akhir kata, semoga makalah
ini bermanfaat bagi saya dan para pembaca untuk memberikan tambahan
pengetahuan, dan wawasan khususnya dalam pelajaran TIK.
Tomohon, Juli 2012
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Internet merupakan jaringan komputer yang
dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui
proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di
mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer
yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak
terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan,
kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua
standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang
sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet
Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk
keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US
Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan
menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila
terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat,
yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs
saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa
Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di
tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua
universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan
untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua,
yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru
yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.
Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet.
B. RUMUSAN MASALAH
Adapun masalah-masalah yang akan dijelaskan
antara lain:
·
Apa yang dimaksud dengan
Internet?
·
Apa saja
fasilitas-fasilitas yang disediakan internet?
·
Bagaimanakan cara menjalankan
Internet?
·
Apakah manfaat internet?
·
Apa saja perangkat keras
untuk mengakses internet?
·
Apa saja dampak positif
dan negative yang ditimbulkan?
C. TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu:
·
Untuk mengetahui
menegetahui pengertian Internet.
·
Untuk mengetahui
apa saja fasilitas yang disediakan oleh internet.
·
Untuk mengetahui
bagaimana cara menjalankan internet.
·
Untuk mengetahui apa
saja manfaat internet.
·
Untuk mengetahui
perangkat keras untuk mengakses internet.
·
Untuk mengetahui dampak
positif dan negative yang ditimbulkan oleh internet.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN INTERNET
Internet merupakan kepanjangan dari
interconnected networking, yang mempunyai arti hubungan komputer dengan
berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia
(jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon,
radio link, satelit dan lainnya. Istilah INTERNET berasal dari bahasa
Latin inter, yang berarti “antara”. Internet adalah sebuah dunia maya jaringan
computer (interkoneksi) yang terbentuk dari miliaran komputer di dunia.
Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia
yang berbeda system operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut
memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan
protokol standar dalam berkomunikasi.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan
komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control
Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar,
sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer
ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi
data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur
dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. Untuk dapat ikut serta menggunakan
fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP
(Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut
penyelenggara jasa internet ataupun. Anda dapat menggunakan fasilitas dari
Telkom yakni Telkomnet Instan. Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer
di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama
informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain,
mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan
lain-lain.
Sejarah internet dimulai dari ARPANet, yaitu
sebuah proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pada tahun 1969 dilakukan
sebuah riset yaitu bagaimana cara menghubungkan suatu komputer dengan komputer
lainnya atau membentuk suatu jaringan. Di tahun 1970 mereka berhasil
menghubungkan lebih dari 10 komputer yang membentuk jaringan. Kemudian tahun
1973 jaringan ARPANet mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat. Sejarah
internet berlanjut ketika komputer di University College di London ikut
bergabung dengan jaringan ARPANet. Di tahun-tahun selanjutnya jaringan ini
semakin berkembang.
Pada tahun 1982, karena banyaknya komputer yang
bergabung maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang menghubungkan semua
komputer dan jaringan dan dibentuklah TCP/IP. Di tahun 1984 kemudian
diperkenalkan sistem penamaan domain yang dikenal dengan DNS (Domain Name
System). Internet kemudian tumbuh secara pesat di tahun 1990-an. Demikianlah
sejarah internet secara singkat.
Internet terbagi atas 2, yaitu:
• INTRANET
Intranet adalah jaringan komputer dalam sebuah
perusahaan yang menggunakan teknologi internet sehingga terbentuk lingkungan
yang seperti internet tetapi bersifat privat bagi perusahaan bersangkutan.
Biasanya Intranet dihubungkan ke jaringan Internet dengan dilengkapi firewall.
• EXTRANET
Extranet adalah jaringan privat yang menggunakan
teknologi Internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membentuk hubungan
yang aman antara pemasok, vendor, mitra kerja, pelanggan, dan pihak bisnis
lainnya dalam rangka mendukung operasi bisnis atau pengaksesan informasi
bisnis
B. FASILITAS INTERNET
1. WORLD WIDE WEB [WEB]
Web merupakan sistem dalam internet yang
memiliki fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan
menggunakan teknologi hypertext. Untuk membuat Hypertext, dikembangkan sebuah
bahasa pemrograman khusus yang memungkinkan pengikatan alamat WWW atau file
dalam sebuah dokumen. Sesuai dengan fungsinya, bahasa pemrograman ini disebut
Hypertext Mark up Language (HTML). File ini biasanya berextention *.html. Agar
file yang berisi Hypertext ini bisa dikirimkan, diperlukan protokol pengiriman
data yang spesifik yang disebut HyperText Transfer Protocol (HTTP). Untuk
menemukan setiap hubungan Hypertext digunakan Uniform Resource Locator (URL).
Karena itu, halaman WWW juga disebut dokumen URL.
Mengakses informasi berupa teks, gambar, suara,
film, dll. Software browser yaitu Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator.
Ada beberapa jenis web, antara lain Web Search
Engine, Web Portal, Web Perusahaan, dan Web Pribadi. Web Searh Engine adalah
web yang memiliki kemampuan untuk melakukan pencarian dokumen berdasarkan kata
kunci tertentu. Selain itu, pencarian informasi dapat pula dilakukan dengan
meng-klik link yang relevan pada web directory. Beberapa alamat web directory
adalah:
-Yahoo Directory (dir.yahoo.com);
-Jayde Directory (www.jayde.com/);
-Alive Directory
(www.alivedirectory.com/);
-A1 Web Directory (www.a1webdirectory.org)
Web directory menampilkan daftar link atau
subjek berdasarkan kategori yang tersusun secara hirarki. Misalnya, informasi
yang ingin ditelusuri adalah web graphics, hirarki yang muncul mungkin sebagai
berikut:
Computers
Internet
Web
development
Web graphics
Selain itu, terdapat pula situs yang dapat
menampilkan daftar mesin atau alat pencari subjek spesifik, misalnya Beaucoup
(www.beaucoup.com).
Web Portal adalah web yang berisi kumpulan link,
search engine, dan informasi. Web perusahaan adalah web yang menampilkan profil
perusahaan atau lembaga, layanan yang ditawarkan, fasilitas yang dimiliki, dan
segala sesuatu tentang perusahaan. Web pribadi adalah web yang menampilkan
profil pribadi pemilik web yang bersangkutan.
Berikut ini adalah contoh situs web yang dapat
dikases berikut isi atau bidang yang termuat di dalamnya.
1) http://iteslj.org/ The Internet TESL Journal;
berisi artikel-artikel, rencana pembelajaran dan bahan ajar, dan teknik
pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.
2) http://www.depdiknas.go.id/ Situs Web resmi
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
3) http://www.unm.ac.id/ Situs Web resmi
Universitas Negeri Makassar
4) http://www.kompas.com/ Situs Web Harian
Kompas

Selain untuk menelusur
informasi, situs web juga merupakan wahana yang baik untuk memperkenalkan
lembaga, termasuk sekolah, kepada khalayak melalui internet. Sudah cukup banyak
sekolah di Indonesia yang memiliki situs web dan dapat diakses melalui
internet, misalnya Situs Web Resmi SMA Negeri 3 Bandung
(http://sman3-bdg.net/05/index.php), Situs Web resmi SMK Negeri 3 Makassar
(http://www.smkn3-upg.sch.id/), Situs Web resmi SMK Negeri 2 Majene
(http://www.smkn2-maj.sch.id/), dan Situs Web resmi SMA Negeri 2 Makassar,
(http://www.sman2mks.com/). Dalam merancang sebuah situs web sekolah, kita
perlu memperhatikan jenis informasi yang akan dimuat di dalamnya. Berikut ini
adalah salah satu contoh situs web sekolah, yakni SMA Negeri 3 Bandung. Situs
tersebut memuat beberapa link yang memuat informasi penting sekolah, yakni
artikel yang memuat sejumlah artikel; berita yang memuat berita terkini dan
berita peristiwa di sekolah; kontak yang memungkinkan pengakses mengirim pesan
ke situs tersebut; forum diskusi yang memungkinkan siswa dan guru berdiskusi
dengan topik tertentu; tentang kami yang antara lain memuat sejarah, visi dan
misi, struktur organisasi, dan komite sekolah; sarana dan fasilitas sekolah,
termasuk laboratorium, perpustakaan, sarana ibadah, akses internet, dan sarana
olahraga; informasi tentang beasiswa, informasi tentang penerimaan siswa baru,
info akademik yang antara lain memuat kalender pendidikan, ujian nasional dan
ujian sekolah, dan kriteria kenaikan kelas.
Situs web seperti di
atas merupakan media yang cukup efektif untuk dapat memperkenalkan sekolah
karena dapat diakses kapan dan di mana saja. Bahkan, dengan situs web tersebut,
sekolah memiliki peluang yang lebih banyak untuk bekerja sama dengan pihak
lain.
2. ELECTRONIC MAIL
[EMAIL]
Surat elektronik adalah
pesan (surat, gambar, suara, dan video ) yang dapat dikirimkan, diterima maupun
disimpan dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh user melalui
internet/jaringan eletronik. Dengan fasilitas email ini mereka dapat saling
mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Dengan semakin meluasnya
penggunaan internet, fasilitas email juga semakin banyak digunakan untuk saling
berkorespondensi, baik oleh individu maupun lembaga atau organisasi. Bahkan
bagi sebagian orang atau lembaga, email sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam
kehidupan sehari-hari. Ini terjadi karena kelebihan yang dimiliki fasilitas
email ini, yakni lebih cepat dan lebih murah. Hanya dalam hitungan detik, surat
yang dikirim akan sampai pada kotak email yang dituju dengan biaya yang relatif
murah. Bahkan dengan menjamurnya warung internet (warnet), harga yang
ditawarkan untuk mengakses internet semakin gampang dan murah.
Pada umumnya, email
menyediakan kotak surat (mailbox) yang cukup besar sehingga dapat menampung
surat-surat yang dikirim beserta lampirannya. Terdapat pula buku alamat yang
bisa digunakan untuk menyimpan alamat-alamat rekan-rekan atau kolega sehingga
memudahkan untuk menemukannya pada saat dibutuhkan.
Dalam kaitannya dengan
pembelajaran, email dapat menfasilitasi guru untuk mengirim tugas kepada siswa,
dan sebaliknya siswa dapat menyetor tugasnya. Bahkan pada tingkat perguruan
tinggi, mahasiswa memanfaatkan fasilitas ini untuk mengkonsultasikan tugas
akhirnya dan koreksi dapat secara langsung dilakukan oleh dosen pada naskah
tugas akhir yang dikirim oleh mahasiswanya. Guru atau siswa dapat pula
menggunakan fasilitas ini untuk mengikuti milis (mailing list) sesuai bidang
yang diminati, misalnya budaya, teknologi informasi, dan sains.
Untuk dapat menggunakan
email, pengguna terlebih dahulu harus mendaftarkan diri. Ada beberapa search
engine yang menyediakan layanan email gratis, misalnya: www.yahoo.com,
www.hotmail.com, www.astaga.com, dan www.fastmail.fm.
3. TELNET
Telnet adalah program
yang memungkinkan komputer kita menjadi terminal dari komputer lain di
INTERNET. Telnet memungkinkan kita untuk masuk (log in) sebagai pemakai
komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada
dikomputer tersebut.
4. FILE TRANSFER
PROTOCOL [FTP]
Melalui FTP user bisa
mengirimkan atau menerima data atau file dari satu komputer ke komputer yang
lain di seluruh dunia (Download dan Upload). Anonymous FTP memungkinkan
pengaksesan ke server FTP dengan login anonymous tanpa memerlukan password.
Anonymous FTP adalah salah satu dari pelayanan dalam Internet yang cukup
penting. Dengan akses ke berbagai anonymous FTP, Anda dapat memperoleh
file-file secara grafis. Anda dapat menemukan program-program, gambar-gambar,
majalah elektronik, artikel-artikel dalam kelompok diskusi tertentu. Salah satu
program FTP adalah WS_FTP.
5. GOPHER
Internet menyediakan
banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang
pengguna INTERNET dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk
menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi
pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan.
Fasilitas demikian disebut Gopher. Gopher menyediakan pengaksesan informasi
hanya berupa teks.
6. CHAT GROUPS /
INTERNET RELAY CHAT (IRC)
Salah satu layanan
komunikasi langsung di internet adalah internet relay chat (IRC). Layanan ini
memungkinkan para pengakses internet melakukan chatting atau percakapan dengan
pengakses internet lainnya dalam sebuah ruang chatting yang sama. Beberapa
ruang chatting tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas teks, tapi juga grafik,
suara, dan video. Ini berarti bahwa penggunanya tidak hanya dapat berkomunikasi
lewat teks, tapi juga dapat menampilkan gambar, suara, dan video (melalui
fasilitas webcam). Bahkan ia dapat digunakan untuk mengirim file. Pada umumnya,
search engine menyediakan fasilitas chat. Bahkan portal e-learning yang
dikembangkan lembaga pendidikan tertentu juga menyediakan fasilitas chat.
Gambar
: Ruang Chat Yahoo Messanger
Untuk melakukan chatting lewat teks, pengguna
mengetikkan teks pada bagian yang disediakan dan mengirimkannya pada orang yang
dikehendaki dengan mengklik tombol send atau menekan tombol enter pada keyboard.
Jika terdapat fasilitas audio pada komputer yang digunakan, pengguna dapat
melakukan voice chat, yakni menyampaikan atau mendengarkan
pesan lisan dari teman chatting-nya, seperti halnya kalau
menggunakan telepon. Bahkan bagi pengguna yang komputernya dilengkapi dengan
fasilitas webcam, dia dapat melakukan chatting dengan
melihat wajah rekan yang diajak bercakap-cakap.
Fitur layanan chatting ini sangat memungkinkan
digunakan untuk pembelajaran jarak jauh (distance learning). Dengan fasilitas
audio danwebcam yang disebutkan di atas, guru dapat merancang
pembelajaran dalam bentuk teleconference, sehingga guru dapat
menyampaikan pengajarannya kepada siswa-siswanya di manapun berada. Sebaliknya,
siswa dapat pula berinteraksi dengan gurunya atau dengan siswa lainnya,
walaupun pada tempat berbeda. Interkasi yang mungkin terjadi adalah siswa
bertanya kepada guru atau sebaliknya guru yang bertanya kepada siswa. Dengan
demikian, siswa merasa bahwa gurunya berada di depannya.
Selain itu, konten yang dibicarakan dapat diarahkan pada bidang
tertentu yang diminati, misalnya budaya, agama, pendidikan, teknologi, dan
sebagainya. Untuk mengontrol pembicaraan atau diskusi, guru dapat mengarahkan
siswanya dengan mengundang mereka masuk ruang konferensi (invite to
conference) yang sebelumnya sudah dipilih atau diadakan oleh guru. Dengan
demikian, guru dapat memonitor percakapan para siswanya. Pengguna chatroom dapat
juga memilih untuk chatberduaan. Dengan kegiatan ini, guru atau
siswa akan dapat bertukar pikiran atau saling membagi informasi tentang bidang
yang sedang dibicarakan. Hal ini tentu akan memperkaya pengetahuan dan menambah
wawasan mereka.
Gambar: Chat Room untuk
one-to-one (berduaan)
7. USER’S NETWORK
(USENET) DAN NEWSGROUP
Usenet, singkatan dari
user network, adalah salah satu fasilitas di internet yang mirip dengan
bulletin board system (BBS). Usenet digunakan untuk membaca dan mengirim pesan
(biasanya disebut "articles" atau "posts") kepada satu atau
lebih kelompok kategori. Dari segi aktivitas yang dilakukan para pengakses,
usenet dan newsgroup merupakan forum diskusi. Usenet biasanya terdiri atas
serangkaian newsgroups yang dibuat berdasarkan minat dan topik diskusi. Dengan
kata lain, newsgroup adalah bagian dari usenet. Menurut Oetomo (2007),
newsgroup ibarat papan komunikasi di mana setiap orang bebas mencari informasi
yang dibutuhkan serta memberikan informasi yang dimilikinya. Setiap orang bebas
memberikan komentar terhadap suatu masalah yang ada dan komentar akan terbaca
pula oleh para pemakai newsgroup. Dalam kaitannya dengan pembelajaran,
fasilitas ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk berdiskusi tentang topik yang
diinginkan. Hanya saja berbeda dengan fasilitas internet relay chat (IRC) yang
dijelaskan di atas, karena bentuk komunikasi yang ditawarkan newsgroup ini
adalah asinkronos. Artinya bahwa komunikasi antar pengakses tidak secara
langsung pada waktu yang bersamaan. Berikut ini adalah tujuh hirarki utama
usenet newsgroups yang dikenal dengan ‘Big 7”.
• comp.* — Diskusi
tentang topik berkaitan komputer
• news.* — Diskusi
tentang Usenet sendiri
• sci.* — Diskusi
tentang bidang sains
• rec.* — Diskusi
tentang kegiatan rekreasi (misalnya, games dan hobi)
• soc.* — Bersosialisasi
dan Diskusi tentang isu sosial.
• talk.* — Diskusi
tentang isu kontroversi, misalnya agama dan politik.
• misc.* — Diskusi
serbaserbi—apa saja yang tidak masuk dalam hirarki lainnya.
8. INTERNET
PHONE/CONFERENCE
Fasilitas untuk
melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET. Untuk itu diperlukan aplikasi
khusus dan dukungan hardware multimedia.
9. WAIS SERVER
WAIS (Wide Area
Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang
tersebar dalam INTERNET. WAIS mampu mengakses segala database yang besar
(seperti dokumen, file berisi gambar, video dan suara).
10. MAILING LIST
Kelompok diskusi -
fasilitas ini dibangun menggunakan teknik yang sama dengan proses penyebaran
surat elektronik. Dengan menggunakan fasilitas ini, sebuah berita/file dapat
didistribusikan ke banyak pengguna sekaligus. Bahkan penggunanya dapat
melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat
dimensi ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa henti.
Hasil yang diperoleh akan jauh lebih efektif daripada penyelenggaraan
seminar/konferensi konvesional.
Sejumlah milis gratis
dapat dijumpai di internet, misalnya yang disediakan pada portal
http://www.yahoo.com. Pengguna tinggal memilih topik yang sesuai dengan
minatnya.
Dalam konteks
pembelajaran, guru dapat menganjurkan atau bahkan menugaskan kepada siswa untuk
mengikuti milis tertentu. Dengan milis ini, siswa akan mendapatkan pengalaman
betapa banyaknya manfaat saling berbagi informasi satu sama lainnya. Selain
itu, siswa juga dibiasakan untuk membagi informasi yang mereka buat sendiri
kepada anggota milis lainnya. Informasi yang mereka peroleh dari milis dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi di kelas. Bahkan, ketika mereka mendapatkan
masalah yang sulit dipecahkan, mereka dapat meminta bantuan dari aggota milis
lainnya untuk mendapatkan jawaban atau solusi.
C. CARA MENJALANKAN
INTERNET
Ada 3 cara menjalankan
internet, asumsi komputer telah terkoneksi ke ISP:
1. Menggunakan menu
• Klik START – PROGRAM –
MOZILLA FIREFOX
2. Menggunakan icon di
desktop
3. Menggunakan icon di
taskbar
D. PERANGKAT KERAS DAN
FUNGSINYA UNTUK AKSES INTERNET
Perangkat keras
(Hardware) yang dibutuhkan untuk mengakses internet dan fungsinya, antara lain
adalah :
1. Komputer
Komputer merupakan
komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang
digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja
akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat
kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
2. Modem
Modem berasal dari
singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah
sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan,
sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang
berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga
informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan
kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara singkatnya, modem
merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan
sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan
saluran telpon melalui modem.
3. Saluran Telepon (Line
Telepon), TV Kabel, ISDN, Handphone
a. Saluran Telepon (Line
Telepon)
Saluran telepon juga
merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan
komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan
penggunan modem dial up. Saat ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP,
misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet Instant yang secara langsung dapat
melakukan akses internet.
b. TV Kabel
Selain saluran telpon,
untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel.
Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang
dipakai adalah modem kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, computer harus
dilengkapi dengan ethernet (ethernet card). Layanan akses modem kabel dapat
melalui jaringan TV Kabel dengan ISP di antaranya : cbn, indosat, linknet,
centrin, dan mynet.
c. ISDN
ISDN (Integrated
Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan
antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, serta
merupakan transmisi system telepon analog ke system digital. Para pemakai ISDN
diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya
untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan
sistem yang terpisah. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut dengan NSP
(Network Service Provider).
d. Satelit
VSAT (Very Small
Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan
antenapenerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi
utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.
e. Handphone
Internet juga
dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan
handphone. Protokol yang digunakan disebut WAP. Wireless Application Protocol
disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang
memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai
fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format
teks khusus. WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9,6 Kbps. Selain
WAP, dikembangkan pula teknologi GPRS (General Packet Radio Service), GPRS
menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan
akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld
computer. Saat ini, terdapat 3G (Third Generation) pada telepon seluler
berbasis CDMA (Code Division Multiple Access), dimana 3G memiliki kecepatan
transfer data hingga 230 Kbps.
E. MANFAAT INTERNET
Pemakai computer atau
User dapat melakukan banyak hal melalui intenet, seperti:
• Mencari informasi
(hosting)
• Belanja (e-commerce)
• Berkirimsurat (e-mail)
• Mengobrol (chatting)
• Research dengan
intenet
Manfaat Internet dalam
dunia pendidikan, khususnya dalam menunjang pembelajaran, tidak diragukan lagi.
Sumber-sumber belajar berupa artikel ilmiah, buku, laporan penelitian, bahan
ajar siap pakai, dan media interaktif cukup banyak tersedia. Selain itu,
beragam program dapat dijumpai di internet yang dapat digunakan untuk
mengembangkan bahan ajar yang lebih menarik. Bahkan, bahan-bahan otentik lebih
banyak jumlahnya lagi yang sesungguhnya memiliki nilai pembelajaran bermakna
apabila pemanfaatannya dirancang dengan baik. Hal ini tentu membutuhkan
kompetensi guru yang memadai dalam hal menggunakan perangkat TIK yang sesuai,
membuat perencanaan pembelajaran dengan integrasi TIK, mengevaluasi dan
menyediakan bahan yang relevan, melaksanakan pembelajaran dengan pemanfaatan
TIK, dan membuat alat evaluasi.

Secara khusus, manfaat
internet yaitu:
1. Bagi para guru,
internet menawarkan beberapa kesempatan untuk:
a. Pengembangan
Profesional.
b. Meningkatkan
pengetahuan.
c. Berbagi sumber
diantara rekan sejawat/ sedepartemen.
d. Bekerjasama dengan
guru-guru dari luar negeri Kesempatan untuk menerbitkan/mengumumkan secara
langsung.
e. Mengatur komunikasi
secara teratur.
f. Berpatisipasi dalam
forum dengan rekan sejawat baik local maupun internasional.
2. Pemanfaatannya
sebagai sumber bahan mengajar:
a. Mengakses rencana
belajar mengajar & metodologi baru.
b. Bahan baku &
bahan jadi yang cocok untuk segala bidang pelajaran.
c. Mengumumkan dan
berbagi sumber. Sangat tingginya popularitas /sangat tingginya
minat untuk meningkatkan siswa lebih
terfokusbelajar.
3. Bagi siswa Internet
menawarkan kesempatan untuk:Belajar sendiri secara cepat, untuk:
a. Meningkatkan
pengetahuan.
b. Belajar
berinteraktif.
c. Mengembangkan
kemampuan di bidang penelitian.Memperkaya pengetahuan dan kemampuan diri dalam:
- Meningkatkan
komunikasi dengan siswa lain.
- Meningkatkan kepekaan
akan permasalahan yang ada diseluruh dunia.
Salah satu dari manfaat
yang sangat potensial dari Internet selain untuk para administrator dan pihak-pihak
yang berkepentingan di lingkunganya itu adalah untuk memudahkan pengumpulan
lembaran data-data sekolah yang dapat langsung terkirim langsung ketujuannya
baik ke perorangan maupun kepada masyarakat luas.

Guru-guru dari segala
bidang mata pelajaran, terutama guru bahasa dan guru pelajaran ilmu sosial,
dapat mengambil (download) berita dan kejadian-kejadian terkini yang bisa
digunakan sebagai bahan mengajar dikelas pada hari yang sama saat itu juga.
Semua guru juga dapat menggunakan Internet baik untuk keperluan pengembangan
diri secara pribadi maupun secara professional, demi kemajuan proses pendidikan
bagi para siswanya dengan bekerjasama dalam wilayah regional maupun
diseluruh dunia.
Manfaat lainnya adalah
kita dapat berkomunikasi secara individual atau secara massa dan dapat
dilakukan dimana saja diseluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja.
Kita juga dapat menyebarkan (publish) informasi yang kemudian bisa di akses
dari mana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat. Kita dapat
berkomunikasi secara langsung (real time) melalui telepon dan unit video
processing. Kita bisa melakukan "chat" melalui jaringan gratis
"chat" yangsangat luas yaitu mIRC.
F. DAMPAK POSITIF
INTERNET
Meluasnya akses terhadap
fasilitas komunikasi massa dan alat informasi termasuk internet dalam beberapa
tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi yang besar dalam interaksi
sesama manusia. Dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet
memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi
dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di
samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, diantaranya:
1. Internet
menghubungkan jutaan komputer yang tersebar di seluruh dunia
2. Internet tidak
terikat pada organisasi apapun
3. Dengan Internet,
organisasi dapat bertukar informasi baik secara internal maupun eksternal
4. Internet dapat
digunakan untuk semua platform
5. Internet dapat
digunakan siapa saja untuk melakukan akses informasi apa saja dan bahkan untuk
melakukan transaksi bisnis
6. Surat menyurat
(e-mail), fasilitas ini sudah sering kali kita dengar karena dengan fasilitas
ini tidak hanya untuk saling mengirim pesan yang pnjang tapi juga dapat
digunakan untuk mengirim tugas dalam proses belajar,
7. Berbincang
(chatting), fasilitas ini memungkinkan seseorang untuk saling berkomunikasi
satu sama lainnya, dan bisa menambah teman dari berbagai belahan dunia,
8. Mengambil/mengirim
informasi (download/upload), berbagai informasi mengenai apapun dapt diperoleh
melalui internet, selain itu kita pun dapat turut andil dengan mengirimkan
(upload) informasi-informasi penting yang kita ketahui,
9. Menggunakan teknologi
“teleconference” (konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh), karena
dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak
mengenal letak geografis,
10. Mendapatkan hiburan,
tidak hanya bagi orang dewasa, namun siswa sekolah dasarpun telah mengenal dan
memanfaatkannya meski seringkali hanya untuk mendapatkan kesenangan,
11. Internet juga dapat
dimanfaatkan untuk memupuk semangat belajar secara mandiri pada anak, misalnya
dengan memanfaatkan software yang menarik untuk menggugah minat anak belajar.
Isi atau materi pelajaran yang menarik diharapkan dapat menciptakan suasana
belajar yang penuh dengan kegembiraan. Sekaligus menghindarkan anak dari rasa
tertekan saat belajar karena menganggap pelajaran sulit dan menakutkan, dan
sebagainya.
G. DAMPAK NEGATIF
INTERNET
• Pornografi, anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi memang tidak salah.
Dengan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajarela.
Untuk mengatasi hal ini, para produsen “browser” melengkapi program mereka
dengan kemampuan untuk memilih jenis home page yang dapat diakses.
• Violence and Gore atau
kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi
pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala
macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan
hal-hal yang bersifat tabu.
• Penipuan, hal ini
memang merajarela di bidang apapun, internet pun tak luput dari serangan
penipu. Cara terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini.
• Carding merupakan
aktivitas pembelian barang di Internet menggunakan kartu kredit bajakan. Cara
belanja menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam
dunia Internet karena bersifat real-time (langsung). Para pelakunya paling
banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
• Perjudian, dengan
jaringan yang tersedia para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk
memenuhi kebutuhannya.
Selain itu pun, ada
beberapa dampak negatif lainnya yang dilihat secara konseptual yakni:
1. Information Anxiety
Terlalu banyak informasi
sehingga tidak bisa memilih mana informasi yang benar / salah, penting / tidak,
karena semakin banyaknya informasi yang ada sekarang, tidak semua informasi
yang diberikan benar adanya. Khususnya yang menggunakan media internet.
2. Dehumanization
Hilangnya / turunnya
penghargaan atas nilai individu, yang digantikan dengan angka identitas.
3. Health Issues
Stress yang ditimbulkan
oleh penggunaan peralatan dan aplikasi berbasis TIK, ketergantungan akan
teknologi informasi dan komunikasi, pengaruh radiasi gelombang elektromagnetis,
pengaruh radiasi layar monitor, masalah persendian akibat kelelahan akibat
kesalahan penggunaan keyboard dan mouse, masalah ergonomis, dsb.
4. Lost Of Privacy
Identitas digital
membuat keberadaan kita selalu terdeteksi. Selain itu pemantauan kamera CCTV
(Closed-Circuit Television) secara terus menerus yang berada / terpasang di
beberapa tempat tertentu akan mengganggu privasi dalam kesaharian kita.
5. Cookies
Makin banyak informasi
yang ditampilkan diinternet yang tanpa kita sadari membuka peluang
penyalahgunaan oleh pihak – pihak tidak berwenang , contoh : account yang kita
miliki di situs jejaring social seperti facebook, friendster, twitter, dll .
6. Digital Gap
Makin nyata adanya
kesenjangan antara kelompok yang menguasai TIK dengan kelompok yang tidak
menguasai TIK, baik dalam keseharian maupun di dalam pekerjaan.
7. Possible Massive
Unemployment
Implementasi TIK secara
besar – besaran, waktu – waktu dapat membawa dampak peningkatan jumlah
pengurangan tenaga kerja, baik melalui PHK ataupun menyempitnya peluang tenaga
kerja bagi karyawan yang tidak menguasai TIK.
8. Impact Of
Globalization On Culture
Makin menghilangnya /
menipisnya nilai – nilai budaya lokal akibat pengaruh globalisasi. Karena
semakin cepat dan mudahnya penyebaran informasi dari dunia luar melalui
internet.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Internet merupakan
kepanjangan dari interconnected networking, yang mempunyai arti hubungan
komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh
dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti
telepon, radio link, satelit dan lainnya. Internet merupakan hubungan antar
berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda system operasi
maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media
komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam
berkomunikasi.
Tingginya mobilitas
penggunaan internet menuntut jaringan internet yang lebih fleksibel, sehingga
seseorang yang sering bepergian tetap dapat mengakses internet walaupun di
dalam mobil yang sedang berjalan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut
dikembangkan jaringan tanpa kabel (nirkabel) seperti telepon seluler. Jaringan
ini dikenal sebagai jaringan internet tanpa kabel (nirkabel) yang dikenal
dengan Wireless Aplication Protocol (WAP). WAP dalam beroperasi dapat
menggunakan bantuan telepon seluler sebagai sarana penghubung.
Meluasnya akses terhadap
fasilitas komunikasi massa dan alat informasi termasuk internet dalam beberapa
tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi yang besar dalam interaksi
sesama manusia. Dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet
memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi
dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu.
Daftar Pustaka
Suprihatin.2011. Makalah
Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Kehidupan Remaja.Ponorogo
Maffuh, Benyamin
dkk.1996. Penuntun Belajar Sosiologi II. Bandung: Ganeca Exact Bandung
M,Idianto.2006.
Sosiologi untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.
No Response to "Makalh TIK II"
Posting Komentar